Sabtu, 01 Oktober 2011

Reviewnya Transformers 3

Transformers 3 Dark Of The Moon yang dirilis 29 Juni 2011 lalu menyuguhkan warna yang berbeda dari sekuel sebelumnya. Terasa lebih Dark, Kejam, tanpa belas kasih dan mengundang decak kagum bagi penikmat film yang munyukai efek visual terkini.
Film besutan sutradara kondang Michael Bay kali ini menurut saya benar-benar menyuguhkan aksi yang tidak tanggung-tangung dengan spesial effect yang memukau. Efek slow motion yang terlihat di film juga nampak lebih keren dari film-film lainnya.
Struktur desain dari semua karakter Transformers entah Autobot maupun Decepticon juga diperhalus. Bahkan, plot alur cerita Transformers 3 dikait-kaitkan dengan pendaratan pertama kali astronot ke bulan. Benar-benar pembalikan fakta sejarah seperti film transformers 2 yang mangambil plot situs bersejarah Mesir untuk bahan cerita film.

Minus dari film transformers 3 adalah kurang mengenanya konflik dramatis di film. Bukan tidak ada tapi terasa ada yang kurang menurut hemat saya. Bahkan pembawaaan karakter seperti ekspresi kesedihan dari tiap-tiap adegan seperti agak dihilangkan. Terlihat janggal untuk sebuah film yang sang jagoannya dead namun tidak ada ekspresi kehilangan sama sekali.
Contohnya kematian iron hide, seolah-olah langsung dilupakan begitu saja oleh Sam Witwicky dengan pergantian adegan yang dirasa tidak perlu. Mengakibatkan jalannya cerita menjadi agak tidak nyambung. Mungkin ini strategi yang diterapkan oleh Michael Bay dalam mensutradarai film transformer 3. Atau bisa jadi, film ini nantinya dikeluarkan dalam versi extended version. Seperti halnya film Trilogy The Lord of The Ring yang memakan durasi 4 jam-an lebih.
Mengenai durasi Film, film Transformers 3 Dark of The Moon memakan durasi sepanjang 2 jam 25 menit (menurut film yang saya tonton). 1 jam terakhir dari cerita film dihabiskan dengan konflik yang ada, seperti pertempuran antara autobot dan Decepticon. Apalagi di menit-menit terakhir sanggup membuat anda berkomentar tidak karuan akibat terpukau visual effectnya.

Jika kita melihat adegan di pertengahan film, adegan kejar-kejaran Decepticon dan Autobots mengingatkan saya kepada film the matrix reloaded. Sangat berbeda dengan setting kamera pengambilan gambar dimana-mana. Pokoknya two Thumbs
Sebagai bocoran sedikit, memang film ini kurang berkaitan dengan transformers 1 dan 2. Tapi its Ok untuk ide cerita yang sempat dikait-kaitkan dengan ilmu science seperti sejarah pendaratan manusia di bulan, Presiden John F. Kennedy, Fasilitas nuklir Chernobyl di Ukraina bahkan Presiden Amerika Barrack Obama dan PBB pun ikutan-ikutan dimasukkan sebagai dasar cerita film.
Tapi yang perlu kita cermati adalah ketika film ini ditonton oleh anak-anak yang belum paham mengenai sejarah. Ketika terjadi diskusi kelas, siapa astronot pertama yang ke bulan? Neil Amstrong bu,,, apa yang di telitinya ?? ngecek pesawat transformer bu… xixixi benar-benar ridiculous.
Semoga saja yang menonton tidak berpandangan seperti ini. Lagipula penonton yang kritis bisa mencerna mana yang baik dan mana yang tidak. Namanya juga film akan terbawa hanyut ke dalam ide cerita yang penting perasaan puas dan terhiburnya benar bukan ?
Oiya, untuk standar humor sepertinya agak dikurangi, karena film ini lebih kejam dan tidak mengenal kata ampun, Langsung Blow up ketika dishoot dan penuh explossion. Banyak karakter Transformers yang tewas di film ini  :’(

Pengin tau lebih lanjut? Saksikan segera filmnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar